Senin, 18 Juni 2018

Transportasi Keliling Bangkok

Sawadikap πŸ˜‰πŸ˜‰ Bangkok dikenal dalam bahasa Thai yaitu Krungthep yang artinya 'Kota Para Malaikat'.  Thailand khususnya Bangkok merupakan salah satu kota/negara favorit saya, karena semua yang saya butuhkan dan inginkan bisa saya temukan disini. Jangankan saya, malaikat aja betah disini πŸ˜‚πŸ˜‚Kali ini saya pengen sharing tentang transportasi yang bisa kalian gunakan untuk keliling Bangkok. 

Suvarnabhumi Airport Rail Link
Suvarnabhumi airport rail link ini terbagi 2, yaitu : 
  1. Suvarnabhumi Airport Express Service, melayani rute dari Suvarnabhumi airport ke Makassan (City Air Terminal - interchange with MRT Phetchaburi Station) dan dari Suvarnabhumi airport - Phaya Thai (interchange with BTS Phaya Station). Tarif tiketnya 90 Baht oneway atau 150 Baht PP dengan durasi perjalanan sekitar 17 menit.
  2. Suvarnabhumi Airpot City Line Service : Rute itu dari Suvarnabhumi Airport - Ramkhamhaeng - Makkassan - Ratchaprarop - Phaya Thai (interchange with BTS Phaya  Thai Station). Tarif tiketnya mulai dari 15 - 45 baht dengan durasi perjalanan 30 menit. 
Rute dari Suvarnabhumi Airport

Bus Kota (Angkot)
Untuk biskota/angkot ada 2 jenis, yang ber-AC dan yang tidak. Untuk angkot AC tarifnya mulai dari 12 - 24 Baht tergantung rute dan jarak tempuhnya, sementara untuk yang non AC tarifnya flat sebesar 9 Baht (jauh-dekat)

MRT 
Rute MRT ini ada 2 line yaitu blue line dan purple line. Untuk blue line rutenya dari Hua Lamphong hingga Bang Sue dengan 18 stasiun/pemberhentian. 
Untuk rute lengkap blue line bisa kalian lihat disini
Sementara untuk jalur purple line start dari Khiong Bang Phai hingga Bang Son ada 15 stasiun. MRT ini mulai beroperasi dari jam 6.00 pagi s/d 12 malam. Kereta lewat sekitar 5 menit sekali. Tarifnya mulai dari 16 - 40 baht. Info lengkap jalur MRT ini bisa kalian lihat disini
Untuk detail jalur purple line bisa kalian lihat disini
Skytrain (BTS)
Skytrain ini juga punya 2 rute, yaitu:
  • MorChit - Bearing Route melewati Sukhumwit Rd
    Jalur warna hijau muda (tosca)
  • National Stadium - Bang Wa Route melewati Solom Rd
Jalur warna hijau tua
Skytrain ini biasanya lewat setiap 3 - 8 menit sekali, start dari jam 6 pagi hingga 12 malam. Tarifnya mulai dari 15 - 42 baht dan ada extra charge 10 baht untuk rute lanjutan dari On Nut ke Bearing. 

Taksi
Tarif taksi di Bangkok menurut saya lebih murah dari di Indonesia. Untuk taksi kalian bisa pilih uber taxi yang bisa dipesan online melalui aplikasi Uber, atau taksi biasa yang bertanda taxi meter diatas mobilnya. Tarifnya mengikuti harga yang tertera di argo. Tarif minimum 35 baht untuk jarak satu kilometer pertama. 

Samlors/Tuk-Tuk
Tuk-tuk ini semacam bajai. Tarifnya berdasarkan kesepakatan harga (tawar-menawar). Hati-hati dengan supir tuk-tuk yang ada disekitar Grand Palace yaa, biasanya mereka sembarangan aja ngasih harga, harus pandai nawar. 

Kapal
Kapal ini melayani rute sepanjang sungai Chao Phraya diantara Nonthaburi Pier di Utara Bangkok ke Wat Ratcha Singkhon Pier di Selatan Bangkok. Tarifnya juga paling murah, mulai dari 10 Baht - 32 Baht tergantung jarah dan tipe kapalnya. 

Nah semoga informasi diatas berguna. Kalau ada yang pengen ditanya, silahkan tulis di comment box. Selamat menjelajah Bangkok. Selamat khilaf dengan semua yang ada disana 😝😝😝

*NB : Semua kata 'disini' itu bisa diklik

7 komentar:

  1. Terimakasih info transportasi yang bisa digunain saat liburan di Bangkok,kak.
    Nice sharing.

    BalasHapus
  2. Dulu aku banyak pakai kapal, karena banyak objek wisata yang isa naik itu, terutama kuil-kuil, dan khao san road jg dilintasi. Btw "disini" nggak ada linknya Han. Coba periksa lagi

    BalasHapus
  3. Saya seringnya naik bus/angkot kalau di Bangkok. Kecuali dari dan ke bandara baru naik kereta. Seru rasanya naik bus kota seperti warga lokal!

    BalasHapus
  4. Wah makasih infonya berguna sekali plus lengkap pakai banget dah. Jadi kalo ke bangkong nggak perlu bingung lagi

    BalasHapus
  5. sepertinya indonesia tertinggal yang sistem transportasinya dengan thailand

    BalasHapus
  6. Makasi kk infonya.
    Walau entah kapan bs berkunjung ke Thailand. Tp lumayan ada gambaran setelah baca ini.
    Moga lidah gk kepeleset pas nyebut transportasinya. Wkkwkwwk

    BalasHapus
  7. Belum pernah ke Bangkok. Ternyata banyak juga ya pilihan transportasi untuk berkeliling Bangkok. Ada angkot juga ternyata. Penasaran, angkotnya kayak gimana ya modelnya...hehe

    BalasHapus