Minggu, 11 Juni 2017

Traveling & Menghasilkan Duit

,
Saat ini traveling bukan lagi sekedar hobi. Bahkan sudah banyak orang yang menjadikan traveling sebagai sumber penghasilan atau sumber nafkah, meski ga sedikit juga orang yang kembali bokek dan berhutang kesana-kemari pasca traveling. Nah kali ini saya pengen sharing apa saja yang bisa kalian lakukan saat traveling agar pundi-pundi keuangan tetap terjaga Semoga info ini berguna. Cekidot!

1. Jasa Titip/Pre Order/Bistip
Jasa titip ini adalah cara menghasilkan duit yang paling sering digunakan oleh para traveler. Selain mudah, untungnya juga lumayan. Metodenya adalaah : umumin ke orang-orang kalau kalian akan mengunjungi negara-negara A,B,C,D, dll dan bersedia dititipin barang sesuai request customer. Tarif untuk jasa titip ini ada 2 macam: Yang pertama tarif buka-bukaan : kalian kirimkan foto bill/struk dari harga barang tersebut dan tarik fee untuk setiap item barang. Normalnya sih 25% s/d 30% dari harga barang. Jadi misalkan ada yang nitip dibelikan Iphone seharga 10 juta, kalian bisa menarik biaya pembeliannya 2,5 juta - 3 juta. Yang kedua tarif fixed : dalam hal ini orang-orang ga perlu tahu harga asli barang tersebut karena kalian sudah mematok harga tiap item barang. By the way jika setelah kalian umumin ke orang-orang dan ternyata ga ada yang minat nitip, kalian bisa pakai jasa titip online. Ada banyak yang nawarin jasa titip salah satunya bistip.com 

Tips : 
- Pertimbangkan barang bawaan kalian, apakah akan kena bea masuk atau tidak. Amannya sih jangan mau dititipin barang-barang besar, berat, dan branded. Selain karena susah dibawah, boros bagasi, juga rentan diinterogasi petugas bea cukai di imigrasi dan disuruh bayar pajak yang lumayan.
- Jangan habiskan waktu hanya untuk mencari barang-barang titipan sehingga mengabaikan jadwal liburan anda. Ingat esensi yang paling utama dari liburan adalah menikmatinya bukan rempong dengan titipan belanjaan orang lain.
- Jangan belikan barang kalau orangnya belum transfer, untuk menghindari penipuan atau pembatalan sepihak dari orang tersebut. Ga lucu kan kalau kita udah susah-susah bawa barang tersebut dari luar benua terus tiba-tiba orangnya cancel dan menghilang. 
Contoh jasa titip online : bistip.com

2. Jasa Tulis Ucapan
Jasa tulis ucapan ini adalah metode cari duit yang paling gampang. Selain mudah juga tidak butuh modal sama sekali.. Metodenya adalah : tulis ucapan sesuai request, serapi mungkin dan fotoin di icon negara yang kalian kunjungi. Tarif untuk satu ucapan berkisar antara Rp 50.000 s/d Rp 150.000. Tips : Karena ini adalah pekerjaan, tolong tetap profesional, jangan nulis asal, pake kertas bekas, dan tulisan amburadul. Berikan hasil foto terbaik agar customer puas dengan hasil kerja anda. Liburan anda pastinya akan lebih berwarna, tidak hanya dipenuhi oleh foto-foto selfie yang ga jelas 😆
Gambar Nyomot di Google 

3. Buat Video Liputan dan Kirimkan ke Net Tv
Netcj.co.id ini menjadikan setiap orang punya kesempatan yang sama untuk jadi junarlis. Nah kalian bisa meliput hal-hal menarik disekitar kita, bisa tentang kuliner khas, keindahan alam, berita perampokan, dan lain-lain. Tarif untuk setiap tayangan yang tampil di Net mulai dari Rp 250.000 s.d Rp 1.000.000. Tips untuk nampang di NetTv (sumber: www.emakmbolang.com)

  • Shoot video dengan perlahan. Hindari goyangan. Shoot keseluruhan tempat dan juga shoot detail obyek atau tempat secara detail
  • Tulisan atau deskripsi tempat mengandung unsur 5W + 1 H. Tulisan sesuai dengan kaidah jurnalistik sistem pyramid. Tuliskan informasi penting dan menarik di paragraf pertama, paragraf kedua penjelasan lebih lanjut. Panjang video yang dikirim sekitar 2 - 3 menitan. Nanti yang dittayangkan sekitar 1 - 2 menitan. 
  • Pendaftaran anggota net melalui netcj.co.id. Gunakan nama lengkap sesuai KTP dan email beneran, jangan yang alay. Nomor handphone jangan gonta-ganti, nantinya akan ada proses verifikasi.
  • Video yang dipilih adalah video dengan shoot yang bagus dan deskripsi yang kece pula. Kalau moment seperti festival, kejadian seperti pembunuhan harus dikirim segera. Biasanya kirim malam paginya langsung tayang. Kalau tentang traveling biasanya menunggu beberapa hari
  • Narasi nantinya dibacakan oleh team dari NetTv, kita hanya perlu menulis deskripsi.
  • Judul karangan harus menarik 
Contoh tayangan di NetTV

4. Jadi Dosen di Universitas Terbuka
Jadi dosen (tutor) di Universitas Terbuka ini asyik banget. Kita ga perlu hadir di kelas untuk memberikan materi kuliah, karena semuanya dilakukan secara online. Materi sudah tersedia dan tinggal diposting sesuai tanggalnya. Kita hanya perlu ngasih pertanyaan untuk didiskusikan oleh mahasiswa-mahasiswa. Yang agak repot mungkin saat memberikan nilai karen jumlah siswa perkelas sekitar 150 orang. Ga terlalu repot sih sebenarnya karena sudah tersedia sistem untuk input nilai. Penilaian berdasarkan keaktifan mahasiswa berdiskusi di forum, pengerjaan tugas, nilai mid semester, dan nilai akhir. Nanti lagi asyik-asyik main sama komodo tiba-tiba transferan masuk. Hahaha. 

Untuk kualifikasi dan pendaftaran menjadi tutor di UT silahkan langsung ke website resminya 😚
Komunikasi dengan sesama dosen juga hanya via whatsapp :)
Naah mungkin ini dulu beberapa tips nyari duit dari traveling, kalau ada tips yang lain jangan sungkan untuk berbagi di comment box 😬😬😣😢😘

0 comments to “Traveling & Menghasilkan Duit”

Posting Komentar

 

All about Me Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates