Senin, 19 Januari 2015

Itinerary Myanmar

,
Jalan-jalan ke Myanmar kemaren cukup berkesan buat saya. Sanking berkesannya ini untuk pertama kalinya saya bagi-bagi itinerary disini. #Uhhuuk. Berikut daftar pengeluaran selama di Myanmar kemaren. Semoga berguna.
  • Kul - Yangon (Promo Airasia Rp 550.000 PP) Berangkat jam 6 pagi tiba pukul 11.45. Harusnya jam 9 uda mendarat, karena faktor cuaca muter-muter diatas lebih kurang 2 jam. Ngerrriii.
Sampai bandara charter taksi ke Golden Rock disepakati tarif 120 USD (sharing cost berempat : @30 USD) lama perjalanan 3,5 - 4 jam. Golden Rock ini pagoda yang letaknya diatas sebuah gunung (ga tau nama gunungnya apa). Disana ada sebuah batu besar berwarna keemasan tapi bukan dari emas. Ajaibnya batu itu ga jatuh loh. Kurang tau sih sejarahnya gimana, silahkan di googling sendiri. Dari terminal bus sebelum ke Golden rock (lupa juga namanya) naik Mobil pick-up yg uda disulap seperti angkot tarifnya PP 10 USD. Entrance fee Golden Rock 10 Usd. Perjalanan pake mobil pick-up ini seruu bgt. kita serasa naek roller coaster yang ga habis-habis. Pemandangan kiri kanan juga okee.. 

Ini mobil pick-up yang bakal nganter ke Golden Rock
Galau di Golden rock ^^
Dari golden rock, kami di drop ke terminal bus. Dari terminal bus naik taksi ke sule 6.000 kyats (sharing bertiga: @2.000 kyats = 2 USD). Nginep di daerah sule (Mahabandoola Guest House) ratenya 18 USD/mlm (bertiga @6USD). Jangan ngarepin fasilitas apa2 disini, karena tmpatnya sangat sederhana. 
Ini Mahabandoola Guest House. Memprihatinkan. Hahhaa
Hari pertama di Yangon, kami muter-muter ke Sule dan Shwe Dagon Pagoda. Dari sule ke Shwe Dagon (smoga nulisnya bener) naek angkot (semacam damri) 100Kyats (murah, meriah muntah). Prepare dari hostel yg cowo pake sarung, saya pake tanaka n lonji hemat 8.000kyats/8USD masuk Shwe Dagon krna dikira warga lokal yg mau sembayang 
Kalau uda cemong-cemong gini, siap2 diajak ngobrol pake bahasa myanmar seharian 
Dari Shwe Dagon balik ke penginapan naek taksi 5.000kyats (bertiga : 1.750kyats). Malemnya ambil bus tujuan Bagan. Dari penginapan naek Angkot ke terminal bus 3.000kyats (1jam perjalanan). Tarif bus dari Yangon - Bagan 14.000 kyats atau 14USD. Entrance fee di Bagan 15.000kyats/15 USD. Bagan ini negerinya ribuan pagoda. Pagi hari kita bisa ngeliat sunrise dengan ratusan balon udara, dan malemnya kita bisa ngeliat sunset dengan view pagoda-pagoda yang cantik. Sampe di Bagan jam 5 subuh. Dari terminal bus ke penginapan 6.000kyats, bakal ditawarin lihat sunrise dlu (bertiga: @2.000 kyats/2USD). Penginapan kami di Bagan namanya Winner Guest House, lokasinya di old bagan.Tarifnya 20USD permalem untuk berdua atau 15 USD untuk sendiri (2 single bed). Keliling bagan rental sepeda 1.500kyats. Menurut saya Bagan biasa aja, yg menarik cuma sunrise ngeliat balon udara. Kalau waktunya mepet saya rasa di Bagan sehari cukup, ga perlu nginep. 
Sunrise di Bagan. Balon udaranya uda pada pergi, tinggal dikit karena ga ada yang motoin 
Kota selanjutnya setelah Bagan adalah Inlay Lake. Dari Bagan-Inlay Lake naek bus malam tarifnya 12.000 kyats atau 12USD (dijemput di penginapan menuju terminal). Sampai di Inlay jam 4 subuh. FYI inlay dingin banget, siapin jacket n jangan sampe salah kostum disni. Entrance fee di Inlay 10 USD/10.000 kyats. Kami nginep di Blissful inn tarifnya 30USD/nite (berdua @15USD/15.000 kyats). Rental sepeda seharian 1.500kyats. Ditambah dengan ngilangin senter ganti rugi 1.500kyats.

Blissful inn Guest, Lumayan Cakep 
Dari smua tempat yg saya kunjungi di Myanmar, Inlay lake yg paling berkesan. Udaranya Segar, seluruh warganya ramah, dan segala macam disana murah. Rental boat menyusuri inlay lake ada 2 pilihan 15.000 kyats dan 20.000kyats. Yang agak murah 15.000kyats, durasi travelingnya 3-4 jam saja. Sedangkan yang 20.000 kyats durasinya 7-8 jam. Saya ambil yg 20.000kyats, mulai dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Harusnya sampe sunset, tapi berhubung  saya harus ngejar bus ke yangon ga smpt liat sunset. Itu juga uda Puasss banget!! Dibayari daddy2 dari kanada pulak *Rejeki 
Suku leher panjang di Inlay Lake
Dari inlay ke yangon 14.000kyats/14 USD. Sampe di yangon jam 5 subuh. Langsung ke bandara Karena duit habis. ahhahaa. Dari terminal ke bandara 2.500kyats. Total pengeluaran saya dari Batam - Kuala Lumpur - Yangon - Golden Rock - Bagan - Inlay - Yangong (8hari) = 220 USD (Exclude tiket pesawat).
Salah satu pagoda di Inlay yang letaknya di atas puncak ^_^
Myanmar sebenarnya murah, yg buat jadi mahal adalah setiap kita mau masuk ke kota2 lain kita harus bayar 10-15 USD. Semua warga asli myanmar baiknya juara, hanya saja mereka kebanyakan ga bisa bahasa inggris. Mereka nolongin bener2 tulus n ga ngarepin imbalan. Hampir tidak ada Scam disni. Kemaren saya nyasar Karna diajak jdi Anak Gaul oleh travelmate (namanya bang Pedro) saya ga tau cara balik ke penginapan. Oleh warga dsana saya dianter pake motor sambil di pukpuk "don't cry laa, I'm with u"
*uhhuuk  (kejadiannya jam 11 malem). 
Dari terminal sebelum menuju bandara saya duduk2 di sbuah kedai kopi, Oleh seorang abang2 disitu saya dikasih Sim card untuk internetan katanya biar ga mati gaya selama nunggu penerbangan. Uuhh 

Sunset di Golden Rock
Kalau saya urutkan biaya dari yg termurah ke yang termahal : Yangon - Inlay - Bagan - Golden rock. Kalau anda sendirian dan budged terbatas, saya sangat tidak mnyarankan ke Golden rock, Karena hari pertama di golden rock aja waktu itu saya menghabiskan hampir 60USD dan hampir putus asa karena mahalnya 
Lain kali mungkin bakal saya ceritakan masing-masing kota di Myanmar yang saya kunjungi. Oiyaa yg mau ke myanmar dalam waktu dkt dan butuh Sim card khusus utk internetan inbox yaa, tp harus dikembalikan (estafet utk org lain yg butuh jg). Silahkan yg mau tanya2 isi coment box aja. 

NB : Seluruh foto yang dipost disini adalah hasil jepretan dari Kamera HP Samsung Note 3 neo, tanpa filter dan edit apapun. Please, jangan diejek foto yang apa adanya ini 

4 comments to “Itinerary Myanmar”

  • 21 Januari 2015 03.11

    Ciyeee yang ke Myanmar nih kakak cantik. Kak cuaca disana gimana? pulang dari Myanmar iteman gak?

  • 25 Januari 2015 20.39

    foto gerald mana?! hhahaha

  • 4 Februari 2015 01.53
    Ca Ya says:

    Waw....kepengen banget melancong ke luar tp paspor saja blm punya hahhahaha......

  • 24 Februari 2015 02.19
    Anonim says:

    wahhh thx bgt utk artikelnya mbak...kebetulan ada rencana kesana & lg cari2 referensi. boleh tanya mbak?
    1. dari bagan ke inle lake, turun busnya dimana ya kl uda sampai inle lake? setelah turun dari bus apakah harus naik angkot lagi utk sampai di inle lake-nya?
    2. dimana kita bisa beli tiket bus utk inle lake ke yangon? apa bisa beli sekalian waktu di bagan?

    thanks before^^

Posting Komentar

 

All about Me Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates