Rabu, 03 Desember 2014

Sabang dan Keunikannya

Kita semua harus sepakat kalau Indonesia ini memiliki banyak keunikan, baik suku, budaya, bahasa, adat-istiadat, alam, dll. Naah kali ini saya mau share sedikit keunikan dari Sabang (Pulau Weh, Aceh):
Menyambung tulisan saya tentang Sabang yang dulu

Soal keindahan, Sabang yang terletak di ujung barat Indonesia ini Juarraanya.. Bagi saya pribadi, kalau mau diurutkan pulau terbaik yang pernah saya kunjungi, sabang saya letakkan diurutan ke-2 setelah Kepulauan Derawan. (karena saya belum pernah ke Raja Ampat) Hehee. Di Sabang banyak pantai, gunung, air terjun, pemandian air panas, dll.

Kalau beruntung, di Sabang kita masih bisa menemukan suku Lamno "Pria dan wanita bermata biru" Tempat yang bagus untuk nyari jodoh. HahhahahaaKalau Kata Mbah Gugel mereka ini "kaum keturunan Eropa yang melarikan diri dari Renquista dari Ratu Isabella dan Ferdinand dari Castilla/Arragorn (Spanyol sekarang) hingga keujung dunia ketika Andalusia ditaklukkan oleh pasukan Salib Bila berkunjung kedaerah Kuala Daya dan Lambeuso"(jangan tanyakan saya dimana Renquista, Castilla/Arragorn, siapa ratu isabella dan siapa si Ferdinand, karena saya juga ga tau dimana dan siapa mereka)
Bapak Penulis ijazah ini matanya biru :)
Persaingan hidup antar "babi hutan" di Sabang tidak sekeras di Medan. Yaaa disini babi hutan bebas berkeliaran dan oleh masyarakat disana kadang babi2 itu diberi nama. Seperti salah satu babi di foto ini bernama "Bro"
Kalau oppung saya (orang batak lainnya) tau fakta ini dia pasti sakit hati.‪#‎IfYouKnowWhatIMean‬ Keren!!!
Ini si Bro
Masalah keamanan, Sabang patut diacung 4 Jempol. Disini semua motor dan mobil yang terparkir di jalanan dilengkapi dengan kuncinya. Mereka sama sekali ga takut kalau motor/mobil mereka hilang. Saya yang baru pertama kali melihat hal ajaib ini bertanya ke Supir yang membawa kami: "Kalian ga takut mobil/motornya hilang pak? Si supir menjawab dengan santai : "Kenapa harus takut, disini kami semua kenal penduduk dari ujung ke ujung, meski ga tau namanya. dan syariat hukum disini tegas. Semua yang kedapatan mencuri akan dicambuk/dipasung. Lagian siapa yang mau nyuri, kan Sabang dikelilingi laut, mau dibawa kemana mobil n motornya?
AMaziingg!!!
Andai semua kota dan daerah di Indonesia seaman Sabang 
Pantai Sumur 3. Bening banget ^_^

Lupa namanya apa. Tebing ....
Yang buat Sabang menjadi ga keren adalah "ongkos kesana lebih mahal dari pada ongkos ke Manilla" *Sedih 

Kalau mau tanya-tanya lebih jauh tentang Sabang boleh PM saya yaa, sebisa mungkin saya jawab 

Salah satu jalan di Sabang

Selasa, 02 Desember 2014

Lagu Kebangsaan Membawa Berkah

Beberapa bulan yang lalu, sekembalinya saya dari one day trip Singapore, ada sebuah kejadian yang unik. Saat saya selesai mengantri cop paspor di imigrasi Batam Centre, ada seorang bule yang di interogasi dan sempat cekcok dengan petugas pemeriksa X-Ray (kurang tau masalahnya apa). Tiba-tiba Si bule menyanyikan lagu "Indonesia Raya" dengan suara lantang, nadanya juga tepat, meski pengucapannya agak belepotan. Setelah selesai nyanyi sontak semua yang melihat Si bule termasuk Si Petugas X-Ray tepuk tangan. Petugas mengijinkan dia keluar sambil disalamin. "Enjoy Batam, Sir" Kata si Petugas. 

Kejadian lain lagi, 17 Agustus kemaren saya ke Bromo. Jam 4.30 subuh penanjakan bromo sudah dipenuhi dengan ratusan manusia yang menunggu sunrise, namun tak satupun dari mereka yang berinisiatif menyanyikan lagu Indonesia Raya, padahal itu hari peringatan kemerdekaan kita. Daripada nungguin mereka tiba-tiba saja saya teriak keras layaknya Erwin Gutawa yang memimpin konser besar: "Hiduplahh Indonesia Raya" Eehh ternyata mereka semua loading cepat mendengar teriakan saya semua orang serentak nyanyi "Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahkuu....."
(Lagu dinyanyikan dengan Refr diulang 2 kali)

Yang menarik dari kejadian itu bukan karena saya yang berinisiatif memimpin nyanyi. Tapi karena bule Prancis disebelah saya bersama pasangannya bisa menyanyikan lagu itu dengan suara yang keras dan lantang, dan hapal lirik..
Aaahh ga peduli dia ngucapinnya gimana, bagi saya orang asing yang hapal lirik Indonesia Raya sudah Juarraaa..

Kejadian itu menginspirasi saya untuk melakukan hal sederhana seperti si bule. setiap kali saya berangkat keluar negeri, sebelumnya saya sempatkan nge-download lagu kebangsaan negara yang akan saya kunjungi, dan yang saya lakukan di pesawat adalah memutar lagu kebangsaan tersebut sampe saya hapal lirik dan bisa menyanyikannya dengan benar. Saya yakin cara ini mungkin bisa menyelamatkan saya di negara lain bila sewaktu-waktu saya ada masalah.. Heheheh ^_^

Uda pada hapal lirik Indonesia raya belom?? Jangan kayak mantan menteri kita yang ga hapal lirik itu yaa :p

Sunrise di Penanjakan Bromo 
Si Bule yang hapal lirik Indonesia Raya. Keren ^_^

Sabtu, 08 November 2014

KEHILANGAN

Masih teringat dengan jelas peristiwa dua tahun yang lalu saat Tuhan mengambil nyawa adik saya "Siska". Pelajaran terbesar yang bisa saya ambil saat itu adalah "Jika Tuhan berkehendak, tak ada yang dapat menghalangi" Aahh ucapan ini rasanya sudah ribuan bahkan jutaan kali terdengar ditelinga saya, namun saya baru benar-benar memahami maknanya saat itu. Waktu itu rasanya ga ada usaha yang tidak dilakukan. Semunya sudah maksimal, mulai dari doa, puasa, berobat, operasi, kemoterapi semuanya sudah. Mungkin tidak terlalu berlebihan kalo saya bilang "We're praying till drop" Nyatanya?? Jawaban Tuhan tidak sesuai dengan yang kami inginkan/harapkan. Dari sini juga saya mulai memahami "Tuhan punya selera humor yang luarbiasa"

Sejak saat itu saya putuskan dan tekankan dalam hati "Didunia ini tidak ada (lagi) masalah yang harus dipermasalahkan. Apapun yang terjadi TUHAN TETAP BAIK" Inilah awal 'reformasi saya selalu menertawakan masalah' Sanking seringnya saya menertawakan masalah, saya sering disebut orang gila... #Wesbiasa

Beberapa kejadian yang menimpa saya selama dua tahun ini (pasca Siska meninggal) menjadi kekuatan saya untuk menjalani kehidupan. Ijinkan saya sharing ya, semoga anda semua terberkati *Silahkan duduk rapi membentuk lingkaran*
 
Tahun 2012 saya putuskan untuk melanjutkan kuliah. Seperti biasa, saya tidak memberi tahu orangtua karena saya sudah bisa tebak jawaban mereka pasti tidak jauh dari kalimat "Lanjutkanlah, imani dan yakini Tuhan pasti cukupkan semuanya" Aah orang tua saya yang dua itu terlalu keras mengajari saya tentang kehidupan. Boro-boro mau ngasih uang kuliah -___- Yang saya punya saat itu benar-benar hanya iman, semangat dan keberanian. Saya survei di 5 kampus yang ada di Batam (di Batam cuma ada 5 kampus yang ada S2 nya, jangan diketawain woyy) dan rata-rata sama. Uang kuliah selama 2 tahun minimal 40juta. Hahahahahha.. 40 juta?? Hahhahaha.. nyari duit segitu kemana?? Hahahha. #MulaiGila

Saran dari seorang mantan dosen (yang sudah saya anggap sebagai orang tua kedua) "Gadaikan BPKB, Han. Nanti bayarnya nyicil" Yaa orang tua angkat saya itu juga sama gilanya. Akhirnya diam-diam saya gadaikan BPKB untuk membayar uang pendaftaran + uang pembangunan dan uang semester pertama totalnya sekitar Rp 9.200.000. Awalnya ga ketahuan, namun akhirnya ketahuan karena saya terlambat membayar cicilan dan si tukang kredit datang menagih kerumah. Hahhaa..
2 tahun berjalan akhirnya saya lulus! Uhhukk *Kalungkan karangan bunga ke leher sendiri*

Tahun 2013, saya ditimpa musibah "PUTUS CINTA". Ini juga salah satu masalah besar. Satu-satunya hal yang paling menyedihkan bagi wanita didunia ini adalah "Ditinggalkan kekasih diusia pernikahan" hahahahhahahhahahha Untuk yang satu ini saya ga bisa cerita banyak. Dan betapa bahagianya saya saat mendapati fakta bahwa mantan pacar saya ternyata pacaran dengan janda beranak satu" Hahhahahahhahah #Ketawa puas..
 
Kalian pernah ga pacaran dengan orang yang saat kita kenalkan ke siapapun juga, orang tersebut bakal nyeletuk "Iih koq pacaran sama dia sih? kayaknya kalian ga cocok" Padahal orang yang kita kenalkan itu ga jelek-jelek amat, ga pernah ngusik hidup orang itu juga. Nah begitulah respon teman-teman dan keluarga saya saat saya mengenalkan mantan pacar. Saat saya tanya mereka "Alasannya apa? jawaban mereka selalu ngambang "Ga tau kenapa, kayaknya ga cocok aja" Meeehhh -____-
Butuh waktu berbulan-bulan untuk CLBK-CLBK lucu, dan waktu setahun untuk benar-benar putus dan move on.. Kakak ini, dek!!

Tahun 2014 (Oktober), Saya dan 3 teman ditipu supir taksi seharga 2700 peso (kalo dirupiahin setara dengan Rp 750.000) harusnya hanya membayar 150 peso. Teman-teman saya mulai grasak-grusuk, mau lapor polisi lah, apalah. Apa yang saya lakukan saat itu?? Tentu saja ketawa ngakak. Sampe mereka sebel sendiri. hahhahahahhah
Yaa kali turis kere kayak kami ini lapor polisi ngarep duitnya bisa balik -__-
 
Masalah yang paling spektakuler adalah tadi siang saya kehilangan Iphone di rumah sendiri. Ada seorang bapak-bapak tua dateng kerumah, si Bapak tua nyuruh bapak saya mandi, dan bapak saya nurut aja. Lantas dia cerita-cerita dengan opung. Saya keluar sebentar membeli sarapan, dan ntah gimana ceritanya hp lenyap. Si Bapak tua pergi tanpa pamit. Si oppung jg seloww kayak dipantai.. Bapak saya selesai mandi dan belum tau hp hilang. Saat saya datang dan mengecek hp barulah bapak saya sadar kalo dia terperdaya.. Bisa-bisanya tamu nyuruh tuan rumah mandi.. hahahahahah

Trus bapak saya tanya: Koq hp mu hilang tapi kau girang kali?? Saya ga jawab tapi saya tetap ketawa. Tiba-tiba saya ingat kejadian semalam: Saat saya bbm'an dengan seorang teman dan menjelek-jelekkan orang lain, tanpa sadar yang saya bbm malah orang yang saya jelek-jelekkan tersebut. Sanking paniknya saya ga tau gimana cara delete contact. Saat nemu menu delcon, saya melihat dilayar orang yang saya jelek-jelekkan tersebut "is writing message" dan tentu saja saya belum sempat baca pesan yang diketiknya.. hahahahah.. Forgive me bro ^_^

Pelajaran yang bisa diambil dari tulisan sepanjang ini adalah :
Semua manusia punya kemampuan berpikir jernih, sampai mereka jatuh cinta. Mungkin saya sedang jatuh cinta terlalu dalam pada Tuhan sehingga saya ga mampu berpikir jernih lagi. #Eaakk.
Ada kata Angan pada kalimat kehilangan, oleh sebab itu jangan biarkan anganmu tentang indahnya kehidupan dirusak hanya karena  kehilangan sesuatu.. #Direkrut Mario Teguh
Kalo kamu nggak terlena diwaktu senang, berarti nggak bakal cemas diwaktu susah . #Hasiikk
 Akhir kata:
Kalo tujuanmu bukan memberikan harapan, janganlah kamu membuatku merasa nyaman. #Dear Gebetan...
Hahahhahahahhaha..
Selamat malam minggu  bagi yang merayakan ^_^

Bonus!! Foto kakak waktu masih muda dan alay, dek..

Kamis, 06 November 2014

BACKPACKER DUNIA (REVIEW)

Awal bulan Juli lalu, saya bersama 5 orang sahabat (travelmate) berlibur ke Phuket. Kami berpisah di Changi Airport (Singapura), sementara mereka bersiap kembali ke kota mereka masing-masing, seorang teman saya bertanya: 
"Na, kejahatan apa lagi yang kau rancangkan untuk kami tahun depan? Cukuplah dulu jalan-jalannya ya, ini terakhir. Tahun depan kita harus naik level. Level 5 (Nikah). Ga ko liat muka cewe ku setiap kali kita jalan-jalan ketempat yang jauh, Na? akhir-akhir  ini dia sering ngasih kode dengan pertanyaan "kapan kita nikah, Bang?".
"Iyaa na, Hapuslah foto paspor kami dari hp mu!" Jangan lagi booking tiket diam-diam pake nama kami" Sambung teman saya lainnya.
"Kau tau sendiri kan Na, kemaren waktu tahun baru aku didoakan sama seluruh keluargaku sambil ditumpangin tangan biar berhenti jalan-jalan dan segera nikah?" Lanjut teman saya lainnya. 
Kau tau ga Na kenapa si Anu (Sebut saja mantan) ga ngelamar-lamar ko sampe sekarang padahal kalian pacaran udah hampir 6 tahun? Dia pasti ga kuat liat kelakuanmu ini, Na!! Sambung teman saya lainnya..
Banggkeeee!!!

Rasa sedih menyelimuti sekujur tubuh saya. Bagaimana mungkin saya harus menghentikan sesuatu yang terhadapnya saya belum expert? #Cielah bahasa gue ^_^

Yaap benar, saya hanya punya tidak lebih dari 5 sahabat yang memiliki hobi yang sama. Sampai akhirnya saya dikenalkan oleh seseorang yang sudah expert dibidang traveling. Nah, si expert inilah yang kemudian merekomendasikan grup Backpacker Dunia kepada saya. Bergabung di Grup ini saya seperti menemukan kehidupan baru. Di Grup ini semua punya passion yang sama. Banyak informasi-informasi penting tentang tempat-tempat menakjubkan dari seluruh dunia yang dibagikan disini. Saya juga mendapat banyak teman baru dari grup ini. Ternyata mencari teman yang hobi travelling itu GAMPANG!!
Iseng nge-gugel translate, dan baru tau passion artinya berahi, gaes!! Cinta berahi.. hahhaha.
Syarat setelah anda diterima di Grup ini cuma 2, yaitu: "Baca pinned post dan buka kaca pembesar". Jika setelah melakukan hal tersebut anda belum juga menemukan jawaban, silahkan lempar pertanyaan ke member beranggotakan 55.356 orang (data terakhir 6-11-2014 pukul 10.15). Naah, ini saat-saat yang paling menyenangkan untuk saya dan sebagian member lainnya. Saat ada yang bertanya tentang hal-hal yang sudah sangat sering dibahas (misalnya: Singapur, KL dan Bangkok: informasi mengenai 3 kota ini paling banyak) bersiaplah kawan, anda akan menjadi sasaran empuk untuk di Ospek. hahahhaa. Namun, saat anda melemparkan pertanyaan/wacana yang benar-benar masih fresh atau belum pernah dibahas, maka pesona anda akan terbit bak fajar di pagi hari. #Uhuk
Masih banyak warga yang hidup dibawah garis "kegaulan" mari kita selamatkan mereka
Rasa-rasanya semua tempat yang ada didunia ini pernah dibahas atau minimal disinggung di BD. Sanking isengnya dengan BD, saya ambil dan putar globe dan dimana jari saya berhenti saya cari di kaca pembesar BD. Waktu itu jari saya berhenti di Mauritania. Untung jari saya berhenti di negara yang sama sekali belum pernah saya dengar. Dalam hati saya "Mustahil ada ini di BD" Setelah saya ketikkan kata Mauritania di kaca pembesar ternyataa ada meennn!!!! Kereeeennn. hahahahaha.
Saat menerima pesan ini hp saya terlempar. hahaha
Melalui BD mimpi untuk melihat dunia semakin terbuka lebar. Setidaknya kita semua sudah punya wadah/fasilitas untuk mencoba mengenal dunia. Banyak orang yang sudah pergi ke berbagai belahan dunia, tapi tidak sedikit juga yang baru merintis untuk 'pergi' jadi sebagai orang yang baik ayo saling membantu. Jika anda merasa anda lebih, jangan mengucilkan yang lain dan jika anda merasa anda jauh tertinggal, jangan rendah diri. Lihat noh orang lain aja bisa, anda juga pasti bisa.
Selamatkan mereka 
Satu-satunya kekurangan BD adalah kadang komen-komen kasar dari para member ga terkontrol. Yaa tapi memang kadang orang yang nanyain juga suka bikin gemez sih. Pertanyaan-pertanyaan standar gini yang biasanya dihabisi:
"Kak, hostel murah di Singapur di daerah mana ya? Kak, kalo ke singapur sendirian aman ga ya, newbie nih? Kak, ke luar negeri harus bawa uang berapa yaa?? *Lempar celurit. 
Akhir kata, marilah kita saling berbagi.
SEPOSITIF APAPUN YANG KITA LAKUKAN, PASTI MASIH ADA ORANG YANG BERKOMENTAR NEGATIF!! Abaikan dan Maju Terus !!!
karena sejatinya:
KEKERASAN VERBAL DI SOSIAL MEDIA ADALAH CARA TERBAIK BUAT PARA PENGECUT BERSENANG-SENANG!!!! @Wowkonyol
Salam hangat.. 

Jumat, 31 Oktober 2014

BATAM ISTIMEWA (Part 2)

Membahas Batam hanya dalam satu postingan rasanya mustahil, karena begitu banyak tempat yang menarik dan harus dikunjungi di Batam. Postingan ini adalah kelanjutan dari postingan pertama saya tentang Batam :
  • Untuk urusan pantai, Batam yang dikelilingi puluhan pulau memiliki beberapa pantai yang ga kalah bagus dengan pantai lain diluar Batam, diantaranya: Pantai Nongsa, Tanjung Pinggir, Marina City, Bengkong Laut, Melayu, Melur, Mirota, Pasir Putih, dll. Jika anda ingin menikmati suasana pantai yang tenang (tak berombak) silahkan berkunjung ke Bengkong Laut, Nongsa, dan Pantai Melayu. Namun jika anda merindukan suara deburan ombak yang memekakkan telinga silahkan berkunjung ke Tanjung Pinggir, Marina City, dan Mirota. Meski deburan ombak di pantai Tanjung Pinggir, Marina City dan Mirota tidak sekuat ombak di pantai Lagundri, tapi nuansa yang di berikan oleh pantai-pantai ini mampu menyejukkan hati. #Ceileh bahasa gue. hahhaa.. 
Turi Beach Ressort (Nongsa)
  • Jika Singapur boleh berbangga dengan "Singapore flyer" nya, Batam ga mau kalah. Kami juga punya yang seperti itu (Ocarina Giant Wheel). 
Tulisan Coastarina katanya bisa keliatan sampai ke Singapur, tapi ntah dari sudut mana lihatnya. Saya belum nemu ^_^
Digetok orang se-Singapur karena nyama2in Singapore flyer dengan Giant Wheel Ocarina. Hahha

    • Ocarina terletak di Batam Centre tepatnya dekat perumahan Oriana. Pada tahap awal baru 25 hektar lahan yang digunakan untuk tempat rekreasi dan ada sekitar 11 jenis yang dioperasikan di antaranya Kampoeng Indonesia atau pusat jajanan, Kampoeng Seni atau pasar produk kerajinan dan karya seni, Festival pantai, dan Giant Wheel atau Kincir Raksasa yang bergaris tengah 30 meter. Di sekitar lokasi ini juga terdapat ornamen pohon lengkap dengan puluhan burung bangau. Selain permainan besar, ditempat ini juga menyediakan ruang bermain terbuka bagi anak-anak, pantai berpasir, food court, restoran ala Jimbaran, Karaoke di atas laut, tempat konser menghadap laut, dan banyak lagi. (begitu tulis sumber yang saya dapat disini). Awalnya Ocarina ini direncanakan bakal menjadi "Ancolnya Batam" akhirnya...? Ya begitulah. Hahhaa.
    • Untuk urusan Mall atau pusat perbelanjaan, mall di Batam memiliki segmentasi masing-masing. Jika yang anda cari alat elektronik seperti Handphone, kamera, laptop, tablet dan lain-lain silahkan berkunjung ke Nagoya Hill mall dan Lucky Plaza. Disana anda akan menemukan berbagai macam penjual handphone berbagai tipe mulai dari yang original sampai yang KW dengan harga bersaing. Harap berhati-hati belanja disini dan harus jeli, karena kadang masih ada 'penjual nakal' yang menjual hp kw dengan harga ori. Jika yang anda cari adalah hal-hal yang berbau muslimah seperti jilbab, pashmina, dll silahkan berkunjung ke DC Mall. Di DC Mall merupakan tempat terlengkap untuk para hijabers. Jika anda seorang Fashionista, anda wajib mengunjungi BCS Mall. BCS Mall ini pusatnya butik dengan harga murah dan kualitas bagus. Jika anda ingin duduk-duduk santai silahkan berkunjung ke Mega Mall dan Kepri mall, karena saya tidak tau Mega Mall dan Kepri Mall ini segmen pasarnya apa. Hahaha.. 
    Ini salah satu mall terbaik kami :(
    • Jika yang anda cari keperluan harian rumah tangga (sembako) silahkan berkunjung ke TOP 100, karena dari seluruh supermarket yang ada di Batam, Top 100 yang termurah. Jika yang anda cari baju-baju murah dalam jumlah besar silahkan berkunjung ke Panbil Mall karena disana ada ramayana. Hahhaha.
    Mampir kakak, banyak diskonan ^_^
    • Anda pecinta snorkling dan diving? Jangan takut ke Batam. Batam juga memiliki beberapa spot diving and snorkling yang ga kalah dari Lambongan Bali. #Eeaakk. Bila Anda memiliki waktu lebih lama di Batam, anda bisa menyusuri beberapa pulau yang ada di sekitar Batam. Pulau-pulau yang saya rekomendasikan untuk anda kunjungi yaitu: pulau Labun, pulau Abang, pulau Pengalap, dan Pulau Hantu di Barelang. Di pulau-pulau ini terdapat beberapa spot snorkling dan diving. Spot terbaik menurut saya di pulau Labun dan Pulau Hantu. Jika anda ingin merasakan masakan tradisional khas melayu Batam silahkan melipir ke Belakang Padang. Untuk mencapai Belakang Padang, anda harus menuju pelabuhan Sekupang terlebih dahulu, dari Sekupang ke Belakang Padang memerlukan waktu sekitar 12 - 15 menit dengan tarif pompong Rp 10.000. Anda bisa melihat matahari terbenam di sekitar dermaga sambil menikmati lezatnya "Bakso Menghapus Jejakmu" atau "Sate Tak Lekang Oleh Waktu" dan berbagai menu tradisional lainnya.  hahahah.. 
    Terumbu karang di Pulau Abang
    • Jika anda memiliki waktu lebih lama lagi, silahkan berkunjung ke pulau Sambu, Fantasy island, pulau Janda Berhias, Pulau Terung, dan Pulau Kangkung. Untuk mencapai pulau-pulau ini,anda harus menyewa kapal nelayan disekitar Sekupang dengan tarif 200rb - 500rb (tergantung banyaknya pulau yang ingin anda kunjungi).
    Ini jembatan kebanggaan warga batam :) Awalnya saya pengen nyamain jembatan Barelang dengan Golden Gate Bridge di California. Wkwkwk
    • Kalau Surabaya boleh berbangga dengan jembatan Suramadu-nya, Batam ga boleh kalah. Kami juga punya yang lebih bagus dari itu. Jembatan Barelang ini maskotnya Batam. Anda belum sah ke Batam bila belum berfoto diatas jembatan Barelang (Batam - Rempang - Galang)
    So, tunggu apalagi??? Silahkan berkunjung ke kota kami ^_^
    Walikota Batam pasti bangga membaca tulisan saya ini. hahhaha.
    Perkenalkan ini walikota kami, dia pasti sangat lelah mengurus Batam. Good Nite, Pak ^_^

    Kamis, 30 Oktober 2014

    BATAM ISTIMEWA

    Akhir-akhir ini ntah kenapa saya sering mengucapkan "Main-mainlah ke Batam" ke orang yang baru saya kenal, dan respon mereka rata-rata nanya balik "Emang apa yang menarik di Batam? Bukannya di Batam ga ada apa-apa yaa?" Hiizzz.. Kenapa sih banyak yang sepele dengan Batam. Padahal kalau mau dibanding-bandingkan dengan kota lain (di Indonesia) menurut saya Batam adalah kota terbaik untuk disinggahi (setelah Malang). Mari saya ajak anda untuk melihat Batam lebih dekat:
    • Kalau Amerika boleh berbangga dengan tulisan "HOLLYWOOD" nya, Batam ga mau kalah. Kami juga punya yang seperti itu. 
    Kerenan mana dengan Hollywood-nya Amerika? hihihii ^_^
    Tulisan "Welcome to Batam ini terletak di sebuah bukit (tanpa nama) di daerah Batam Centre. Letaknya hanya sekitar 300 - 400 meter dari Mesjid Raya Batam. Bisa dipastikan tulisan ini terinspirasi dari Hollywood di Amerika. Hehee

    • Kalau Manilla boleh berbangga dengan Intramuros-nya, Batam ga mau kalah. Kami juga punya yang seperti itu, bahkan lebih keren (menurut saya).
    Dataran Engku Putri (siang hari)
    Dataran Engku Putri (malam hari)

    • Terpilihnya Batam sebagai tuan rumah dalam acara MTQ Nasional ke-25 yang diadakan bulan Juni kemaren, membawa berkah tersendiri bagi Batam. Dalam sekejap kawasan Engku Putri disulap menjadi luar biasa. *Backsound: Mulanya biasa saja. Dataran Engku Putri ini terletak di Batam Centre. Menghadap utara berbatasan dengan Pelabuhan Internasional Ferry dan Haris Hotel, sebelah selatan berbatasan dengan kantor pemerintahan (kantor DPRD, kantor Walikota, BI, kantor Imigrasi, Samsat, Dispenda, dll). Sebelah barat berbatasan dengan Mega Mall (Mega Mall terhubung langsung dengan pelabuhan ferry), dan disebelah timur berbatasan dengan jalan raya. Haha.. Dataran Engku putri ini juga merupakan area favorit untuk ngabuburit, berolahraga, dan jalan santai. Pada sore hari kawasan ini biasanya dipenuhi oleh berondong-berondong cakep yang joging, maen basket, maen skateboard, dll. Di dataran Engku Putri ini juga terdapat taman internet, jadi fakir paket data jangan takut mati gaya saat berkunjung ke Engku Putri. #Jlebb

    • Kalau Bali boleh berbangga dengan jalan poppies 1 dan 2 nya yang ramai dengan bule-bule seliweran itu, Batam ga mau kalah. Kami juga punya yang seperti itu (Kampung Bule): 

    Kawasan Kampung Bule (Nagoya)

    Selain dikenal sebagai kota industri, Batam juga dikenal sebagai kota hiburan. Kampung Bule ini terletak di daerah Nagoya, tepatnya dibelakang Hotel Harmoni. Ada banyak pub dan tempat karaoke disekitar daerah ini. Konon katanya kawasan ini dihuni oleh bule-bule yang bekerja di Batam dan juga konon katanya bule disini kere-kere. Tapi untuk yang satu ini saya ga bisa komentar banyak, karena saya juga ga banyak tau mengenai daerah ini, meski daearah ini letaknya hanya 5 menit dari rumah saya. Hahha. 
    • Kalo Bangkok terkenal dengan Khaosan Road-nya yang ga pernah sepi baik siang dan Malam, Batam ga mau kalah. Kami juga punya yang seperti itu (Jodoh Centre).
    Berbagai barang bekas juga tersedia disini (Jodoh Centre)
    Pasar Jodoh Centre
    Jodoh Centre bukanlah paguyuban orang jomblo yang berusaha menemukan jodohnya disini, melainkan kawasan perbelanjaan yang tak pernah sepi. Pagi hari daearah ini adalah pasar tradisional yang dipenuhi oleh pedagang kaki lima. Berbagai macam keperluan tersedia disini, mulai dari sayur, ikan, keperluan dapur lain, sampai handphone bekas. Semua ada di kawasan ini. Namun euforia pedagang kaki lima dikawasan jodoh hanya sampai jam 1 siang. Siangnya daearah ini disulap seperti tidak terjadi apa-apa saat paginya. hahah. Jika anda melipir ke belakangnya eh depannya anda akan menemui pusat perbelanjaan lain yang disebut daerah Nagoya. Nah pusatnya tas, parfum, sepatu, dll itu letaknya di didaerah Nagoya ini. Untuk tempat belanja Nagoya - Jodoh juaranya!!
    • Untuk masalah penginapan/hotel, Batam juga punya beberapa lokasi penginapan mulai dari yang termahal (ressort) seharga 8 juta'an sampai dengan rumah singgah yang termurah dengan harga 60rb'an permalam. Ressort di Batam memang ga sebanyak di Maldives, tapi ya gitu, ga bisa dibilang dikit juga. Ada KTM Ressort di Sekupang, Turi Beach Ressort, Batam View, Montigo Ressort di Nongsa, Holiday Inn, Haris Ressort di Marina City, dan ressort-ressort lainnya sampai hotel-hotel bintang 1 dan 2 yang bertebaran di daearah Nagoya - Jodoh. Untuk detail yang satu ini saya ga bisa uraikan satu persatu. Anda bisa hubungi saya secara personal biar saya jelaskan. Kali aja jodoh yaa kan. hahaha. (abaikan tulisan maldives diatas, karena sesungguhnya saya belum pernah ke maldives) hahaa
    • Untuk urusan pantai jangan kuatir. Batam yang dikelilingi puluhan pulau memiliki banyak pantai yang menurut saya ga kalah bagus dengan pantai lainnya. Sebut saja ...........
    To be continue......

    Minggu, 26 Oktober 2014

    Pertama Kali Ke Luar Negeri

    Semua yang 'pertama' pasti mengesankan. Pacar pertama, ciuman pertama, hamil anak pertama, malam pertama. #eeh. Seperti halnya pengalaman pertama saya ke luar negeri juga sangat mengesankan dan ga mungkin bisa dilupakan. Saya pertama kali menginjakkan kaki ke luar negeri (Singapur) tahun 2004. Waktu itu saya masih ABG labil, baru tamat SMA, masih lucu-lucunya, tentu saja belum kerja, dan juga belum kuliah. Tahun 2004, untuk mendapatkan informasi tidak segampang sekarang, waktu itu milis yang membahas tentang perjalanan juga belum sebanyak sekarang. Saya juga sama sekali belum mengenal istilah backpacker, pejalan mandiri atau apalah saat itu. Media sosial yang saya miliki satu-satunya juga hanya Frienster dengan nama akun "h4nn4 c3l4l0e b4h49!a. Oiya tahun 2004 facebook uda rilis belum ya? sepertinya belum, atau kalaupun sudah, saya belum punya akun facebook saat itu -___-

    Tahun 2004 hp yang saya miliki Nokia 3315. Di jaman itu remaja-remaja labil sebaya saya belum mengerti selfie. Kehidupan dijaman itu masih sangat indah. Masalah terbesar bagi remaja seusia saya saat itu hanyalah "Jika anda tidak mengidolakan Sheila on7 dan Westlife, anda akan dikucilkan dari pergaulan". Tidak lebih dari itu!!

    Kesempatan pertama saya ke Singapura karena ditraktir seorang teman. Ongkos Dari Batam ke Singapur (kalau saya tidak lupa) sekitar 18 S$ atau 20 S$ (include tax). Tahun 2004 gaya orang Batam nakut-nakutin orang yang mau keluar negeri cuma dengan satu kalimat, yaitu: "Hanna, kalau paspor belum pernah di cap masuk singapur itu susah loh, ko harus bawa 'uang tunjuk' minimal dua juta baru boleh masuk, kalau ga bisa nunjukin uang 2juta siap-siaplah ko dikerangkeng" Yaa kali anak baru tamat SMA seperti saya punya uang 2 juta. Persebaran gaya menakut-nakuti seperti ini merata ke seluruh Batam. Untungnya teman saya agak cerdas. Kita coba aja dulu, han! Kalau ga dikasih masuk, yaudah tinggal pulang. Batam kan dekat!! Akhirnya berangkatlah kami berdua dengan semangat yang tak terpadamkan. 

    Kami berangkat dari pelabuhan Sekupang pukul 12.30 siang, karena itu hari Minggu saya tidak bisa meninggalkan ibadah. Kami tiba di Singapur sudah sangat sore (pukul 3 sore waktu Singapur). Terus terang saya tidak punya uang sama sekali waktu itu. Teman saya meminjamkan 50$ nya kepada saya, wanti-wanti kalau disuruh nunjukin 'uang tunjuk'. Rasanya excited sekali. Kami mengisi form yang sudah diberikan sebelumnya di counter ceck-in dengan sangat hati-hati. Di form ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab, misalnya :
    "Have you ever been to Afrika in or South America during the last 6 days?"
    "Have you ever used passport under different name to enter Singapore?"
    "Have you ever been prohibited from entering Singapore?"

    Let's answer 'No' for all the questions, Hanna! ucap teman saya dengan nada terbata-bata. Hahhhaaa. Belum lagi sampe di Singapur, dia uda songong ngomong pake bahasa Inggris. Saya kasih tau teman saya "Ko tau di Singapur ini orang ngomong pake bahasa Melayu-English, nada ngucapinnya juga jelas bukan begitu!

    Setelah kapal berlabuh, kami lari-lari menuju imigrasi mengikuti orang yang juga lari-lari. Teman saya nanya "Ini orang kenapa harus lari-lari gitu ya? Saya jawab seadanya: "Ini Singapur woy Singapur. Memang gitu gaya orang Singapur, udah ayok kita ikuti aja cara main mereka!! Hahhahaha..

    Di imigrasi petugas menanyakan beberapa pertanyaan, untuk tujuan apa datang kesini? Berapa lama? Nginap Dimana? Saya jawab pertanyaan petugas imigrasi dengan jawaban yang sangat percaya diri layaknya menjawab soal SPMB dan untungnya petugas tidak menyuruh mengeluarkan uang tunjuk. Terbukti 'Uang Tunjuk' hanyalah MITOS!!

    Keluar dari imigrasi saya dan teman saling pandang-pandangan dan tosss!! Teriak histeris "Kita di Singapurrr, Han. Kita di Singapurr!! Camkan ini!!! Pelabuhannya aja Mall Han, Mall! Teriak teman saya sambil mengulang-ulang kalimatnya. Kami keluar dari harbourfront, berjalan menuju kekiri (Vivo City). Tahun 2004 mall sebesar Vivo City belum ada di Batam. Wajar kalau kami rada katrok. Jangankan tahun 2004, sampe tahun 2014 sekarang pun mall sebesar vivo belum ada di Batam. hahahaha. Tapi seingat saya mall itu dulu namanya bukan vivo city. Kami berjalan keluar menyusuri jalan kayu dan membayar 1$ untuk memasuki sentosa. Satu-satunya yang ingin kami cari hanyalah patung Merlion. Waktu menunjukkan pukul 5 sore saat kami memasuki sentosa. Sudah berjalan sejauh itu namun kami juga belum menemukan patung Merlion. Sudah beberapa orang kami tanyain dan jawaban dari mereka selalu sama : "go straight - go straight - go straight" Ntaah lurus sampe kemana.

    Karena terlalu lelah berjalan saya sarankan ke teman saya : "kita balek aja lagi ke tempat awal, jalan terus nanti kita bisa nyasar loh, sebentar lagi malam. Toh di Vivo  juga bagus koq. Lagian kalo kita bisa nemu merlion, kita bisa apa? Kamera ga punya. Orang-orang juga ga bakal percaya kalo kita udah ke Singapur, kalau ga bisa nunjukin fotonya". Akhirnya kami kembali lagi ke Vivo. Melihat kehidupan malam dilantai atas. Waktu itu tampak indah, sekarang biasa aja!! hahahah.. 

    Jam menunjukkan pukul 7 malam, teman saya bilang : "Han, ko pulang duluan aja yaa, aku ga yakin Singapur ini cuma segini? Aku nginep semalem disini. besok aku pulang. Ini lagian di cap paspor tertulis kita boleh tinggal disini selama 30 hari". Jamannya baru lulus SMA itu polosnya saya ga ada tandingannya. Saya jawab teman saya: "Eeh ini negara orang, ingat ga tadi waktu petugras imigrasi nanya berapa hari disini, kita jawab apa? jawab sore uda pulang kan? Ko jangan sok gaya nipu-nipu petugas imigrasi. Nanti kalo ko diblacklist dan ga dibolehin masuk Singapur lagi gimana? Berani ambil resiko? Orang buang puntung rokok sembarangan aja di denda 3000 $. Bayangin kalo orang nipu petugas, dendanya berapa? Jawab saya dengan nada sok tau.

    Akhirnya teman saya percaya dengan jawaban saya dan kami kembali ke Batam. Hahhahahahaha...

    Pertama kali melihat kehidupan Singapura yang tertata rapi, bersih, dan orang yang berjalan dengan sangat cepat merupakan suatu pemandangan yang sangat mencengangkan bagi saya. Saya disadarkan bahwa ada jurang pemisah yang sangat besar antara kehidupan di Batam dan Singapur. Ini yang menjadi motivasi awal saya untuk terus melanjutkan travelling agar bisa melihat bagian dunia lainnya. 

    Saya senang bisa melihat dunia yang  berbeda dari dunia saya sehari-hari. Tapi kadang saya juga berpikir "Ini anak-anak yang tinggal dinegara maju pasti hidupnya sedih. Mereka pasti ga tau permainan "Kami orang miskin, ya oma ya oma!"

    Inti dari cerita saya diatas adalah:
    "Tuhan tidak menetapkan 'term and condition' apapun bagi umatNYA yang benar-benar ingin melihat dunia ciptaan-NYA" 

    NB: Ko (logat melayu Batam) artinya kamu.

    Permainan kami orang miskin ya oma, ya oma itu persebarannya merata ke seluruh provinsi Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Papua, ga sih? Inti dari permainan ini adalah "Banyak anak banyak rezeki". Orang yang punya anak banyak dianggap Si Kaya dan orang yang punya anak sedikit dianggap si miskin. Nah, Si Miskin minta anak ke Si Kaya sampai Si Miskin berubah jadi Si Kaya dan Si Kaya berubah jadi Si Miskin. Gitu-gitu terus sampai ladang jagung menguning dan jadilah cococrunch. Karena permainan ini juga saya jadi paham kenapa bapak saya bisa punya anak sampe 7 orang, artinya bapak saya orang kaya. Hahhahah. Saya ngebayangin kalo permaianan ini dimainkan di negara-negara maju seperti di Singapura dan negara-negara Eropa yang notabene mereka hanya boleh punya anak maksimal 2 orang. Bisa jadi kita di bully karena permainan ini. Haahhahahaa...

    Senin, 29 September 2014

    Standard Bahagia

    Akhir-akhir ini gue ngerasa gampang sekali bahagia. Banyak hal sederhana yang bisa buat gue bahagia, bahkan sangat bahagia. Sepertinya standar bahagia gue emang menurun drastis. Berikut hal-hal sederhana yang bisa membuat gue bahagia:
    1. Ngeliat Pak RT yang hari-hari lewat depan rumah bersepeda, dengan kaca mata hitam yang menyilaukan mata, baju yukensi dan topi khas abegeh (topi apa tu namanya yang depannya lebar gitu, yang biasa dipake anak2 skateboard), gue bahagia
    2. Ngeliat keranjang pakaian kotor kosong, dan lemari yang penuh dengan baju yang baru disetrika, gue bahagia
    3. Dengerin cerita dari salah satu murid : "Miss ternyata diam-diam gitu, papa ku orangnya baik loh miss! | Baiknya gimana? | Kan kemaren aku dirumah berdua aja sama papa, tiba-tiba papa kasih handphonenya dan bilang : Niih cun, main game laahh! Baik kali kan miss? | gue cuma senyum-senyum. *Ternyata standar bahagia seorang murid kelas 5 SD jg ga muluk-muluk, sodara-sodara!! hahhahaha...
    4. Dengerin cerita dari murid yang lain : "Miss sekarang disekolah adek uda punya grup loh| Namanya apa dek? | Namanya CCS Miss | Apa itu CCS, dek? | Cantik-cantik serigala, Miss | *Lalu ada hening yang sangat panjang* hahahaa
    5. Ngeliat bokap tiap pagi didepan PC, dengan kamus di tangan kiri, pena ditangan kanan, dan kacamatanya (ceritanya tiap pagi doi belajar bahasa inggris onlen), gue bahagia
    6. Dengerin mama cerita "Sekarang harga tomat uda murah lagi, Han" gue juga bahagia.
    7. Baca-baca twit orang yang lucu-lucu, gue bahagia
    8. Disapa pembantunya tetangga didepan rumah dengan logat Flores "Selamat pagi, kaka" gue bahagia
    9. Tiap hari lewat dari Sei Ladi dan menikmati keindahan Sei Ladi yang konon katanya sangat seram (faktanya: 75% kegiatan pembunuhan di Batam dilakukan di Sei Ladi dan mayatnya di buang disana), gue bahagia
    10. Dapet sms dari temen yang isinya: "Na, aku lagi ngurus perceraian nih, ko gmna? belum merid2 juga? | Nyeett..
    11. Punya temen baru yang cerita kalo dia ga suka "Martabak dan Sate Padang" malah sukanya makan "Paha Kodok".. gue juga bahagia. (Ternyata ada ya manusia seaneh itu)
    12. Ngeliat adek yang bungsu pulang sekolah nyengir-nyengir ga jelas, karena ga ada yang nanya terus dia ngejelasin sendiri : "Mama ga liat apa di gigiku ini ada sesuatu? | Apa itu koq kilat-kilat? | Ini namanya Behel, ma. Aku beli di sekolahan, harganya 3 ribu. Biar ga tonggos!! | Mama *pingsan.. Hahhaha
    See?? Hal-hal sesederhana itu bisa buat gue bahagia, kebayang dong ya bahagianya gue nanti saat ada yang bilang "Will you marry me, Hanna? #DearGebetan..
    Hhahahahahha...

    Kalo kalian gmana? Standar bahagianya masih tinggi apa uda semurahan gue juga??
    Ini penampakan Sei Ladi di pagi hari 

    Harusnya bisa dijadiin objek wisata kan yaa -___-

    Ini Kak Hana waktu masih muda :))

    Selasa, 23 September 2014

    Ekspektasi Tentang Sebuah Kota

    Akhir-akhir ini gue lagi hobi memantau cerita-cerita perjalanan para member Backpacker Dunia di facebook. Ngelihat petualangan mereka yang sudah kemana-mana, kadang gue sering kecut dan ngerasa ternyata perjalanan gue belum ada apa-apanya. Tapi disisi lain juga, kisah-kisah mereka menjadi inspirasi gue untuk melakukan perjalanan yang lebih jauh dari mereka. Bukankah Tuhan menciptakan dunia untuk kita kuasai dan tahklukkan? Kenapa kita ga berani melakukan perintahNya? #eeaakk. 

    Disini gue pengen berbagi pengalaman ketika berkunjung ke beberapa kota. Pernah ga kalian berekspektasi terlalu tinggi terhadap suatu kota/negara yang akan kalian kunjungi? dan ternyata setelah berkunjung ke kota/negara tersebut kenyataannya malah jauh dibawah ekspektasi kalian? Atau sebaliknya, negara/kota yang kalian kunjungi jauh lebih baik dari ekspektasi? Gue sendiri sering ngalamin. Sering under estimate dgn sebuah kota, eh malah kebalikannya. Gue merupakan tipe orang yang paling males untuk googling sebelum mengunjungi suatu tempat, karena gue uda lama tersugesti oleh kalimat seseorang yang mengatakan : "Jika segala sesuatu direncanakan apa menariknya hidup? Rencanakan sebagian, sisanya biarkan menjadi kejutan". #Ciieee.
    Jadilah setiap liburan yang benar-benar gue siapkan cuma tiket pesawat dan uang secukupnya. .

    Beberapa hal yang pernah gue alami misalnya:
    Dulu, ekspektasi gue tentang Bandung adalah "Kota Murah, kehidupan yang tradisional namun modern (ntahlah gimana bentuknya tradisional namun modern. haha), pusatnya sepatu, trade fashion, dingin, dll. Nyatanya kunjungan pertama gue ke Bandung jauh diluar ekspektasi.

    Saat pertama kali tiba di Bandung gue dan teman naik becak untuk membeli makan malam. Jaraknya dekat banget. Kalo bahasa medannya "Lari-lari aja adek sikit, langsung sampe".
    Bener-bener dekat, hanya sepelempar batu. Waktu itu tukang becaknya bapak tua berumur sekitar 50tahun'an. Gue bilang ke teman "Nanti kalo bapaknya minta 10rb kasih aja 20rb yaa, kasihan bapaknya udah tua". Sampailah kami dipenginapan dan teman gue nyodorin uang 20rb'an dan dengan PD'nya ngomong ke si tukang becak "Udah pak, ambil aja semua, ga usah ada kembalian" laah si Bapak jawab (sambil berakting ngos-ngosan) : Haduuhh ongkosnya 60 rebu atuh, mana dapet segini!! Mendengar si tukang becak ngomong gitu gula darah gue seketika naik. Tapi karena males ribut-ribut, dengan berat hati teman gue ngasih duit 60rb ke si Tukang Becak. Belum lagi waktu mesen makan, gue dan doi cuma mesan : sebungkus udang asam pedas, seporsi cumi goreng tepung, 2 bungkus nasi, 2 es jeruk dan 2 butir telur dadar. Sebelum membayar teman gue ngomong : coba kita tebak kira-kira berapa harganya? Gue jawab : "Paling mahal 75rb (karena menurut gue tempatnya hanya warteg dipinggir parit dan sangat sederhana). Teman gue bilang : Menurut ku 90rb'an. Dan setelah kami minta billnya ternyata harganya 157.000. Melihat billnya, gue terharu, teman gue juga kelihatan sangat terharu. Sampai dipenginapan (sebelum membuka bungkusan makanan yang kami beli) gue dan doi saling bertatapan lama sekali (namun tak saling bicara dan sepertinya hanya hati kecil kami yang bicara). Lalu kami saling menepuk pundak masing-masing. (Hidup ini keras, kita harus kuat begitu mungkin yang ada dibenak kami) Hahahhahaa...

    Cerita lain lagi waktu berkunjung ke Nias. Ekspektasi gue tentang Nias memang tidak terlalu tinggi. Mengingat penerbangan ke Nias hanya ada 1 (waktu itu - dari medan) dan itupun gak setiap hari terbang (mungkin 3x seminggu). Dalam bayangan gue Nias hanyalah kota kecil dengan masyarakat yang masih sangat tradisional, objek wisata yang tidak terlalu banyak dan murah. Yang bikin gue penasaran dengan Nias hanyalah upacara lompat batunya. Dulunya gue kira upacara lompat batu di Nias itu terdiri dari sebuah batu (batu besar dan tinggi) yang kemudian dilompati rame-rame oleh warga sana. Nyatanya, lompat batu di Nias hanya sebuah tumpukan batu bata yang disusun agak tinggi dan dilompati oleh seseorang diiringi dengan tarian tradisional. Hehehee. Hal lain lagi waktu gue dan teman berkunjung ke Pantai Sorake dan Lagundri yang letaknya saling berdekatan, dengan alasan menghemat budged kami memesan indo*i rebus + telor (tanpa campuran apa2) awalnya gue sodorin duit 20rb. Nyatanya? Harga semangkok indomi telor di Nias 75rb. *Tepok perut ibunya*
    Kata teman gue : "Wajarlah Na indominya mahal, belinya dari medan, ongkos ke medan aja uda 500rb. hahahhahaahahha

    Cerita lain lagi waktu berkunjung ke Aceh. Ekspektasi gue tentang Aceh dulunya juga tidak terlalu bagus, karena seringnya lihat berita di TV tentang Gerakan Aceh Merdeka dan kerusuhan-kerusuhan serta dikenal sebagai kota dengan syariat islam yang tegas. Nyatanya gue salah. Aceh kereeenn sekali. Bagi gue Aceh merupakan salah satu kota yang recommended untuk liburan. Pertama, Aceh ternyata sangat aman dan sepertinya jauh dari pencurian. Sepanjang kendaraan yang terparkir dimanapun, kunci motor/mobil terpaut dikendaraan yang terparkir itu. Melihat pemandangan yang ga biasa seperti itu salah satu tmn gue nanya ke supir taksi yang kami tumpangi: "Pak, itu mobil dan motor kenapa semua dibiarin dengan kuncinya gitu? Ga takut ada yang maling apa?" Si Bapak dengan enteng jawab : "Siapa yang mau maling disini dek, kami disini kenal semua warganya dari ujung ke ujung, lagian kalo dia mau maling, mau dibawa kemana motor/mobilnya? Aceh ini kan dikelilingi laut? Dan disini hukuman untuk penjahat ga nanggung-nanggung, dicambuk, jadi warga ga ada yang berani". Kerrreeeeennn!!!

    Begitu juga waktu kami berkunjung ke Sabang. Dibayangan kami pantai sabang pastilah pantai yang sangat indah, dengan deburan ombak dan pasir seputih kulit orang korea. Begitu sampai di Sabang kami sedikit kecewa karena pantai Sabang ga seperti yang kami bayangkan. Pantainya sama sekali ga menarik, garis pantainya kecil dan tidak kedengaran suara ombak sama sekali. Sambil menghibur teman saya bilang : Kita harus positif thinking, mungkin aja surganya ada dibawah sana (sambil nunjuk bawah laut) dan pantai yang bagusnya bukan didaerah sini. Ternyata ucapan teman saya benar. Surganya Sabang ada dibawah lautnya. Negeri bawah laut Sabang sangat bagus, terumbu karang yang subur dan berbentuk macam-macam (bahkan ada yang berbentuk batik sehingga disebut karang batik). Benar-benar keren. Belum lagi pantai sumur tiganya yang sangat bagus dan pantai-pantai lainnya. Belum lagi ada babi bernama Bro yang bebas berkeliaran tanpa taku disembelih (baca disini)

    Udah segini dulu ceritanya, kapan2 disambung lagi. Ada yang pernah ngalamin seperti ini juga ga?? Share di comment box yaaa ^_^

    Rabu, 18 Juni 2014

    Antara MTQ, Pilpres, Piala Dunia, dan Kamu

    Haii khalayak. (Menyapa ala dodit)
    Apa kabar? Masih jomblo ya?? *Kasihan.
    Ditengah panasnya cuaca politik jelang pilpres kali ini dan semerbak euforia piala dunia, wajar kalau kalian ga punya waktu buat cari pacar. Oke ini boleh dimaklumi. hahaa..

    Tahun ini merupakan tahun paling spektakuler menurut gue. Karena bertepatan dengan momen-momen besar dan penting. Misalnya : MTQ Nasional ke-25 (diadakan di Batam, dan konon katanya harus menunggu 68 tahun lagi giliran Batam jadi tuan rumah), Pemilihan presiden Indonesia ke-7, dan semarak piala dunia (butuh waktu sekitar 34 tahun lagi pilpres berbarengan dengan world cup). Mari merapat, saya akan bahas satu per satu:

    1. MTQ Membuat Batam Jadi Keren
    MTQ nasional ke-25 yang berlangsung sejak tanggal 6-13 Juni kemaren, dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan ditutup oleh wakil presiden Boediono. Gue bersyukur banget Batam dipercaya jadi tuan rumah MTQ Nasional ke-25 ini, karena mendadak Batam berubah jadi kota yang sangaaaattttt kereeeeeennnn. #Ini serius.
    Berkat MTQ ini, perbaikan infrastruktur di Batam makin banyak, jalan-jalan diperbaiki, taman yang tadinya cuma ada sepetak rumput dan beberapa pohon, mendadak jadi hijau dan adem, bangunan yang amburadul diperbaiki, pembangunan astaqa, dll. Bener-bener kereeennn. Gue sendiri uda lama ga jalan-jalan keliling Batam, sekalinya kemaren gue muter-muter, gue tepelongok. Ehh ini kapan diperbaiki? Eh ini mesjid raya kenapa jadi kece gini? Ehh ini Engku Putri kapan dijadiin gini? Ehh ini jalannya koq ada bunderannya. Ehh ini jalan mau kemana yaa? Oke ini lebaayy.. Tapi memang saluutt dengan pembangunan instan yang dilakukan ntah siapa itu. Kalian luarrr biasa. Hahahhaha...
    Hal membanggakan lainnya adalah : Juara 1 MTQ nya berasal dari Kepri.. #standing applause.
    Tapi yang menyedihkan dari kegiatan MTQ ini adalah: "Batam jadi Macet (sejarah baru) dan Warga Batam yang ingin menyaksikan acara ini TIDAK DIIZINKAN MASUK kalau ga punya undangan. Dengan alasan klasik demi keamanan presiden dan wakilnya. #Ngookk..
    Nyomot dari Google. Ada sih foto pribadi di kamera, cuma males mindahin :) 

    2. Piala Dunia 
    Ga bisa dipungkiri event piala dunia ini menjadi saat yang paling dinantikan. Khususnya buat jomblower cowo. Karena dengan adanya piala dunia, setiap hari serasa malam minggu bagi mereka. Mereka ga galau lagi menyaksikan orang-orang yang pacaran. Tapi event piala dunia ini juga menjadi suatu petaka buat kaum wanita berpacar, para istri dan bakal calon istri. Karena sudah ada aturan-aturan khusus yang dibuat para pria.

    Iyaa bang -___-
    Prediksi sementara gue: Brazil bakal masuk final (Sepertinya bersanding dengan Belanda) 
    3. Pilpres
    Nahh pilpres ini event yang paling panas dan yang paling gencar dibicarakan akhir-akhir ini. Sebenarnya gue sama sekali ga tertarik ngobrolin politik. Boro-boro ngobrolin politik, tampang wakil presiden Budiono aja gue baru tau karena penutupan MTQ kemaren (bukan ngeliat langsung tapi lewat googling). hahhaha.. Gue juga heran, apa memang setiap pilpres selalu sepanas ini? Atau baru kali ini aja segininya? Yang bikin gue risih bukan kedua calon presiden itu, tapi para pendukungnya. Pendukung capres ini ngejelekin capres yang itu. Pendukung capres yang itu ngejelekin capres ini. Apa mereka ga sadar kalau salah 2 dari mereka pada akhirnya  bakalan jadi presiden?? Kenapa harus dijelek-jelekkan? *berapi-api.

    Semua berlomba-lomba ngeluarin bukti-bukti kalo capres ini lebih unggul dari capres itu. Kalau capres ini belum pantas jadi capres, karena ngurusi Jakarta aja ga beres, malah nyapres. Capres itu ga layak jadi presiden karena dia dalang peristiwa Trisakti 1998. Capres ini mukanya ndeso, capres itu berwibawa. Heellooowww???

    Semua seolah-olah menutup mata dan sama sekali ga mau buka hatinya untuk ngeliat sendiri mana yang  benar-benar bekerja berjuang untuk kepentingan rakyat. Obrolan tentang pilpres kayaknya uda sama dengan obrolan SARA. Ga boleh ditentang!! Apapun yang terjadi, pokoknya calon presiden kami yang benar dan calon presiden kalian boneka, dll. *Menyedihkan.
    Kalau pengen ngelihat Jokowi di bully tinggal muter TV one, RCTI, SCTV, ANTV. Kalo mau lihat Jokowi disanjung-sanjung tinggal liat Metro TV. Kita semua seolah-olah terkotak-kotak sekarang. Mengomentari status orang yang bertentangan dengan pendapatnya menjadi sesuatu yang mengerikan dan siap-siap aja di bully oleh rekan pendukungnya yang lain.

    Jaman sekarang mah, bikin orang emosi gampang!!

    Gue contohin yaa. Kemaren ada salah satu teman FB yang posting status :
    Jiwa yg sederhana seperti Jokowi itu baik adanya. Tapi, mengingat Indonesia punya masalah2 yg tidak lg bisa disebut sederhana yg harus diselesaikan membuat kita berpikir bahwa harus ada suatu tindakan tegas dlm menyikapinya. Sedangkan dlm hal ketegasan ada pada pribadi Prabowo Subianto. Ibarat penyakit yg sudah komplikasi, tidak mungkin hanya diberikan obat dan doa.. tapi pasti membutuhkan suatu tindakan operasi yg besar, meskipun banyak risiko tapi itulah upaya. #Nomersatu
    Ini ceritanya pasca debat kedua (hari Minggu kemaren), jadi iseng gue komen:

    See?? Geli bacanya
    Hahahhahaha.. Gimana ga geli baca ini? Hampir 11 tahun gue ngajar (mulai dari SD, SMP, SMA, S1 dan S2) dan yang gue lakukan tiap hari selama 11 tahun ini lebih dari sekedar debat. Kenapa ada orang yang ga terlalu kenal berani ngomong gini?? Yang paling beraninya dia pake kata "PASTI" dan seolah menjelaskan: giniloh rasanya debat itu, "Sama seperti bla bla bla..." Ckckckck.. 
    Menurut gue sendiri sih, kalau diliat dari siaran berita di TV, koalisi para partai dan respon para netizen di media2 sosial wajar kalau Prabowo naik jadi Presiden, karena beliau sudah gencar kampanye sejak 4 tahun terakhir, partai yang mendukung dia lebih banyak, dan beliau dari kalangan militer dengan banyak pendukung fanatik (termasuk dari kalangan militer). Sebaliknya Jokowi, menurut gue MUSTAHIL Jokowi lolos jadi presiden Kecuali Tuhan memang benar-benar mempercayakan jabatan itu untuk dia. Stasiun TV yang mendukung cuma Metro, partai yang merapat ke mereka juga ga sebanyak Prabowo. Meski beliau juga punya pendukung fanatik yang ga sedikit..

    Klik Yuukkk :
    http://youtu.be/k10oaHsX5Wc

    Akhir kata, ini juga yang benar:
    Hmmm...
    Harapan gue ga muluk-muluk, siapapun presidennya semoga bisa membuat Indonesia lebih maju (Setidaknya seperti Kota Batam aja) dan semoga setelah hasil perhitungan suara kita bisa bersatu kembali dan berhenti dengan fanatis berlebihan dan tindakan-tindakan bodoh ini!!!
    Gue sendiri juga ga bisa berbuat banyak karena toh akhirnya tanggal 9 Juli nanti gue ga bisa menggunakan hak pilih, karena harus pergi ke.... aaahh sudahlah.. *Hiikksss.. (Semoga nemu KBRI disana nanti dan bisa berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini).

    Oiya, gue heran ini blog ga pernah diposting kenapa followernya malah nambah banyak -___-
    Shalom / Wassalam :)
    Nb :
    (Jangan tanyakan kenapa judul postingannya begitu)